Kamis, 28 Juli 2016

Project Love Match (LovEnvironment Mathematics and Technology(Kahoot))


PROJECT LOVE MATCH


Program My Teacher My Hero Award 2016 kembali di gelar pada bulan April 2016.  Rasa penasaran ingin ikut pelatihan bootcamp akhirnya mengantarkan saya untuk ikut serta dalam kompetisi ini. Tidak ada niatan untuk menjadi pemenang (karena tahun lalu sudah jadi pemenang ) tetapi target untuk masuk 45 besar dan ikut serta dalam bootcamp memang keinginan saya. Saya memastikan kepada panitia apakah pemenang tahun lalu boleh mengikuti kembali dan panitia memperbolehkan karena penilaian yang akan dilakukan akan seadil mungkin. Beberapa orang dari 8 Besar pemenang tahun kemarin akhirnya  mengikuti kompetisi ini.  Jika tidak dikejar seperti ini, maka kesempatan untuk menambah ilmu melalui pelatihan sangat minim di dapat. Pelatihan Indonesia Digital Learning hanya dilakukan di 8 kota, palembang tidak termasuk diantaranya.
 
Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana guru diminta menuliskan pengalaman mengajar menggunakan digital untuk seleksi pertama mengikuti bootcamp (baca: menuju korea melalui my teacher my hero award) . Di tahun 2016, guru harus mengirimkan naskah pembelajaran dan video pembelajaran menggunakan digital. Alhasil melalui berbagai proses yanng cukup singkat dan tergesa-gesa, setelah pulang dari korea selatan (baca: benchmark di Korea Selatan 12-16 April 2016)saya mulai merancang proses pembelajaran yang akan saya lakukan.

Video pembelajaran yang saya unggah di youtube dengan judul  Project Love Match memiliki latar belakang, permasalahan dan tujuan.

Latar Belakang :
·         Banyaknya sampah terutama sampah plastik yang sulit di daur ulang. Mengapa tidak digunakan untuk belajar Matematika
·         Siswa abad 21 memilih keterlibatan belajar yang mengggunakan teknologi, terutama handphone.
·         Pemanfaatan teknologi internet yang tepat guna

Permasalahan:
1.       Bagaimana memanfaatkan barang bekas untuk membuat bangun ruang yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika
2.       Bagaimana mendesain teknologi dalam bentuk permainan agar peserta didik menunjukkan ketertarikan dalam pembelajaran matematika.

Tujuan:
1.       Membuat bangun ruang dari barang bekas yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika
2.       Mendesain teknologi  tes dalam bentuk games melalui www. Kahoot.it
Bangun Dimensi Tiga dari Barang Bekas

Pembuatan Bangun Dimensi Tiga
    


Penggunaan Kahoot.it dalam Pembelajaran
Dibawah ini adalah hasil video yang saya ikutkan lomba my teacher my hero award 2016 dan berhasil masuk 45 Besar serta berhak mengikuti pelatihan Bootcamp di Jakarta.




Tidak ada komentar: